Romawi (Bagian I - Overview)



"Kekaisaran pertama yang berhasil menyatukan sebagian bangsa di dunia, Romawi."


Bangsa Romawi dikenal sejak dahulu kala sebagai sebuah bangsa yang sangat hebat. Dari perjuangan nenek moyang mereka, membangun kota kecil hingga menjadi imperium sebesar Romawi. Membentang dari Inggris hingga Mesir, hampir menuju jazirah Arab. Menyatukan berbagai macam ras, suku, dan bangsa di bawah kekuasannya dalam masa kebangkitannya, membuktikan bahwa bangsa Romawi, kekasiaran Romawi, adalah kekaisaran terhebat yang pernah ada di "masa kuno" dunia.


Artikel berjudul "Romawi" ini saya buat dalam beberapa post. Berkesinambungan, karena menarik untuk dibaca untuk sekedar hiburan atau mungkin pengetahuan singkat.


Dalam post ini, saya akan menceritakan secara singkat bagaimana perjalanan bangsa Romawi, yang diawali oleh 2 bocah kecil hingga melahirkan tokoh-tokoh besar seperti Julius Caesar, Nero, Caligula, dan kekaisaran yang membentang hampir di seluruh known world saat itu, dan runtuh seketika.

Selamat membaca !



Awal Mula

Kekaisaran Romawi, menurut cerita setempat, diawali dari 2 bocah kecil bernama Romulus dan Remus, yang membangun kota Roma di tepian sungai Tiber, Italia kuno. Dua bocah kecil itu dikenal sebagai putra dari Mars. Berawal dari sebuah desa kecil, berkembang menjadi kota Roma yang bertahan hingga saat ini. Mungkin cerita inilah yang menjadikan bangsa Romawi percaya, bahwa mereka adalah bangsa yang kuat, karena mereka adalah keturunan dari Mars, dewa perang mereka.
Cerita lain mengatakan, bahwa Romulus dan Remus sempat dibesarkan oleh serigala betina, hingga akhirnya dewasa, lalu membunuh serigala betina itu karena mereka menganggap ia binatang buas, but who knows. :)Cerita ini juga berpengaruh pada pola pikir bangsa Romawi yang menyatakan bahwa mereka adalah bangsa yang menghargai niche atau peran masing-masing elemen kehidupan. Pola pikir liberal, ah tak usah dibahas.




Dan kini, Romulus dan Remus dijadikan sebagai simbol kota Roma. Banyak sekali patung yang menggambarkan atau mengesankan bahwa mereka berdua adalah putra Romawi yang hebat, nenek moyang hebat, meminum air susuan serigala, menunjukan bahwa ada sifat-sifat serigala yang hebat dalam diri mereka yang mengantarkan bangsa Romawi hingga masa kejayaannya.

The Conquest

Penduduk polis Roma memulai ekspansi nya ke selatan, menuju Capua, hingga Croton. Dilanjutkan menguasai bagian utara Italia modern, seperti Lombardi, Segesta, Ariminum hingga perbatasan Prancis, mengalahkan polis-polis kecil yang sudah ada sebelum Roma, seperti Samnite, Latin, Tarquinius dan sebagainya.



Kala itu, selama 200 tahun bangsa Roma berjuang menaklukan polis-polis lain dan menyatukan Italia, melalui berbagai macam perang yang cukup lama, dan yang paling terkenal adalah Perang Roma-Etruska, saat bangsa Etruski disapu bersih oleh bangsa Romawi, menjadikan batu pijakan bagi Roma untuk terus melakukan ekspansinya.




Dari perjalanan panjang inilah, bangsa Romawi mengenal berbagai macam taktik dan strategi dalam pertempuran, mereka hidup dan tumbuh dari pertempuran saat itu. Mereka belajar dan berkembang melalui pertempuran.

Masa Kejayaan

Bangsa Romawi mencapai masa kejayaannya pada akhir masa menjelang Masehi, ketika kekaisarannya membentang dari London hingga Alexandria. Oh iya, dalam perjalanannya, bangsa Romawi sering mengalami perubahan bentuk negara, mulai dari republik Romawi, hingga berubah menjadi kekaisaran Romawi, nah di masa kekaisaran inilah bangsa Romawi berada dalam masa kejayaannya di bawah kepemimpian Julius Caesar.




Kejayaan pada masa ini, bukan berarti kedamaian dan prosperity yang pasti bagi setiap penduduk Roma dan kekasiarannya, kejayaan yang dimaksud saat ini adalah bagaimana kehebatan bangsa Romawi, meluaskan kekaisarannya, menebar pengaruh dan aturan Romawi ke segala penjuru, dan yang paling berat pada saat itu adalah ekspansi ke daratan Gallia atau saat ini dikenal dengan negara Prancis. Julius Caesar memimpin banyak sekali pertempuran demi menguasai daratan ini, demi satu tujuan, bahwa budaya bar bar tidak boleh lagi ada di dunia.




Kisah inilah yang dijadikan oleh Goscinny dan Uderzo sebagai serial komik Asterix dan Obelisk haha.

Runtuhnya Romawi

Kekaisaran yang hebat ini, yang berdiri lebih dari 1000 tahun, akhirnya terbagi menjadi 2, Romawi Timur dengan ibukotanya Konstantinopel dan Romawi barat dengan ibukotanya Milan. Terbaginya kekuasaan ini dikarenakan korupsi dan berbagai macam hal lain yang menimpa birokrasi Romawi, ditambah wilayah kekasiaran yang begitu luas yang membutuhkan prajurit yang besar untuk mempertahankannya, dan sistem pengontrolan yang begitu rumit dari pusat ke seluruh wilayah kekaisaran. Akibatnya, banyak wilayah yang lepas dan yang tersisa adalah sebagian besar yang loyal terhadap Romawi, gubernur Romawi yang tetap setia pada Romawi.




Semakin melemahhnya bangsa Romawi, menimbulkan berbagai macam gejolak di seluruh jajahan, banyak bangsa-bangsa baru bangkit, melawan, seperti Goths, Vandals, dan bangsa-bangsa Eropa Timur, tak lupa ancaman dari Asia yang dipimpin oleh Genghis Khan yang sewaktu-waktu dapat menyerang secara tiba-tiba dan menguasai jantung kekaisaran masing-masing. Bangsa-bangsa ini datang karena mendengar kekayaan Bangsa Romawi yang begitu banyak, mengingat wilayah jajahan mereka begitu luas, upeti yang setiap harinya datang dari segala penjuru dunia tak ternilai harganya, yang mana upeti-upeti ini malah melemahkan bangsa Romawi, sifat korupsi, tamak dan kikir semakin merajalela di kalangan anggota kerajaan, dan seringkali terjadi pembunuhan anggota kerajaan hanya dikarenakan uang.

Selain itu,keadaan kekaisaran Romawi yang terpisah ini, menyebabkan hubungan antar keduanya semakin memburuk, ditambah perbedaan kepercayaan antara Ortodoks dan Katolik Roma, lambat laun menghilangkan pengaruh Romawi, dan masing-masing kekaisaran tersebut kehilangan wilayahnya dan runtuh. Barat runtuh dan terpecah belah, sementara Romawi timur berkembang menjadi Byzantium dengan Konstantinopel tetap sebagai ibukotanya.


Bagian pertama selesai. :) Tunggu bagian selanjutnya.

Terima kasih sudah membaca.
Selamat malam.

3 comments:

 

Classmateys